Jumat, 01 Februari 2008

LEADERS MEETING

LEADERS MEETING

Hotel Ibis Mangga Dua Jakarta

11-23 Januari 2008

Hari ini begitu istimewa untuk menyambut datangnya distributor dari berbagai daerah, antusiasme peserta kali ini sangat berbeda di banding hari biasanya. Mereka hadir penuh keyakinan bahwa esok akan ada hari yang indah. Pukul 11.00 wib diawali dengan kedatangan diatributor dari Bali, berturut-turut Pekan Baru-Riau, Medan, Surabaya, Jakarta dan Padang. Satu persatu mereka memasuki lobby hotel. Seperti biasa mereka saling menyapa dan berjabat tangan khas Hsin Ten. Meskipun mereka baru tiba dari bandara, mereka bersabar untuk mendapatkan kunci ruangan. Mereka adalah top leader Hsin Ten Indonesia yang terdiri dari Presiden Distributor dan Manager Distributor terdiri dari 27 orang. Untuk mengikuti acara ini memang tidak mudah, mereka adalah orang-orang pilihan yang sengaja perusahaan mengundang mereka atas prestasi mereka tentunya. Acara ini khusus dirancang untuk melihat masa depan yang cukup indah dan untuk menyambut tahun 2008 dengan Dancing SOQI, One SOQI, one Dream!

Hari pertama Jum’at, 11 Januari 2008

Setelah mereka mendapatkan kunci ruangan lalu istirahat dan makan siang. Pukul 14.00 wib acara dimulai oleh Bapak Kurmanto dengan ungkapan terima kasih telah hadir memenuhi undangan perusahaan dalam acara leaders meeting kali ini. Sambutan berikutnya disampaikan oleh Pimpinan Hsin Ten Indonesia Mr. Jaya Lin yang di terjemahkan oleh Ibu Cenny Soemarto yang pada intinya akan ada system asia bersatu yang di pimpin oleh Chief Operational Officer (COO) yaitu Mr. Yue Kuo Tang (Mr. Simon Yue). Jadi seluruh kantor cabang Hsin Ten yang ada di Asia Pasifik termasuk Indonesia di bawah satu kepemimpinan. Dan rencana Bulan April untuk seluruh asia akan ada marketing plan yang sama.

Materi pertama disampaikan oleh COO Mr. Yue Kuo Tang yang diterjemahkan oleh Bapak Kurmanto. Bangkitkanlah impian demikian awal pembuka dari materi ini, sebelum memaparkan lebih jauh beliau menekankan bahwa semua leader terutama yang hadir pada leaders meeting ini harus bisa membawa materi ini. Bagi yang tidak bisa menyampaikan materi ini maka tidak bisa menjalankan BHT. Materi ini adalah hasil pemikiran Chairman Mr. Gorden Pan yang lebih 18 tahun mendirikan Hsin Ten yang bisa dikatakan bahwa sudah menjadi konglomerat dan memiliki kekayaan yang melimpah tetapi masih peduli dengan kita bagaimana caranya untuk mendapatkan uang yang bisa mencukupi diri kita dan keluarga kita. Begitu pedulinya sehingga beliau telah memikirkan strategi pemasaran distribusi global.

Kita harus terus mengingat bahwa Hsin Ten mempunyai misi membawa kesehatan, kecantikan dan kekayaan kepada setiap keluarga di seluruh dunia juga mempunyai budaya bersyukur menghargai anugrah, menjadi majikan untuk diri sendiri.

Setelah melewati tahun 2007 dimana di seluruh asia mengalami kenaikan omzet sebesar 30 % kecuali Hsin Ten Indonesia mengalami penurunan sebesar 20%. Ini adalah PR besar bagi Hsin Ten Indonesia untuk bergiat lebih baik lagi.

Pada tahun 2008 ini direncanakan akan di buka pasar Kamboja pada bulan Pebruari dan pasar Vietnam pada bulan April. Sungguh rencana ini akan menjadikan Hsin Ten Enterprise (HTE) International menjadi kerajaan jalur Distribusi Global dan membuat SOQI menjadi merk kesehatan terdepan.

Semua distributor Hsin Ten ibarat seperti macan yang memiliki 2 sayap dan ke-2 sayap ini memberi kemampuan yang lebih dibandingkan dengan maan-macan yang lain. Sayap yang pertama adalah Metode Multi Energi dan sayap yang kedua adalah Jalur Distribui Global. Dengan ke-2 sayap ini Hsin Ten ingin mengajarkan bagaimana caranya terbang dan bisa menguasai dunia.

Pada materi ini juga disinggung tentang sejarah dan skala HTE dimana pada tahun 1990 adalah tahun awal HTE didirikan yang sudah memiliki pengalaman 18 tahun, telah tersebar di 20 negara dan area di dunia. Anggota staff HTE lebih dari 1000 orang dan lebih dari 5 juta distributor di seluruh dunia, pemasaran produk sudah lebih dari 60 negara dan lebih dari 600 SOQI House di seluruh dunia. Selanjutnya istirahat 30 menit.

Setelah coffee break acara dilanjutkan kembali dengan membahas arus ekonomi di abad 20. gelombang I adalah Era Pertanian (produk pertanian), gelombang II adalah Era Industri Tekstil, gelombang ke III: Era Industri Otomotif, Infrastruktur dan Alat Rumah Tangga Elektronik, gelombang ke IV: Era Industri Teknologi Informasi.

Di abad 21 akan muncul kejadian besar yang akan mengubah kehidupan kita. Masa depan, dalam kurun waktu 10 tahun akan tercipta kesempatan sangat besar yaitu: “Revolusi Perawatan Kesehatan”. Industri bernilai 1 triliun US dolar akan memunculkan terobosan-terobosan di bidang perawatan kesehatan, menjadi bintang setelah gelombang ke 4.

Pada bahasan berikutnya dibahas tentang sebuah buku Blue Ocean Strategy seara singkat bahwa jika kita ingin memenangkan pertempuran dalam bisnis maka kita harus berada pada samudra biru dimana samudra biru tersbut adalah sebuah pasar tanpa pesaing. HTE telah memiliki 2 sayap dan 5 gelombang/jaringan yang tidak dimiliki pesaing. HTE memiliki multi energi dan jaringan SOQI House, SOQI Workshop, SOQI Home Spa yang memberikan solusi kesehatan total sedangkan bisnis di luar sana tidak memilikinya. Sehingga kita berada pada samudra biru yang yang jika kita bertempur tidak akan berdarah-darah.

Disampaikan rencana energi menakjubkan 618, memiliki satu set alat kesehatan multi energi, satiap hari pagi dan malam melakukan Chi Spa selama 30 menit dengan bersungguh-sungguh merasakan manfaat multi energi bersedia berbagi rasa dengan kerabat. Setiap bulan berhasil mensponsori 3 unit paket multi energi dan setiap bulan seorang dari konsumen multi energi menjadi mitra bisnis anda, mengulangi hal yang sama selama 6 bulan. Dengan demikian anda memiliki 18 konsumen dan 6 mitra bisnis yang sama seperti anda. Materi ini selesai pukul 21.00 wib.

Hari ke dua Sabtu, 12 Januari 2008

Setelah sarapan pagi pada hari kedua ini terasa sungguh membahagiakan, karena materi selanjutnya dimulai pukul 09.00 wib, dimana materi ini baru pertama kali disampaikan oleh Mr. Yue Kuo Tang kepada distributor Indonesia sedangkan distributor lainnya di Asia sebelum pernah, artinya bahwa sungguh beruntung distributor Indonesia yang pertama kali mendapatkannya sehingga bisa mengetahui terlebih dahulu rencana mengelola bisnis Asia.

Diterjemahkan oleh Bapak Kurmanto, prediksi antusiasme “SOQI Berdansa” di tahun 2008. Tahun 2008 adalah tahun yang sedang bergeliat dimana ada olimpiade di Beijing, China dan beberapa Negara di dunia sedang ada perhelatan demokrasi pergantian pemimpin salah satunya AS. Lima tahun belakangan ini Hsin Ten telah mengalami perkembangan, SOQI di seluruh dunia sekarang ini berangsur-angsur mengalami kemajuan, sampai saat ini telah ada di 20 negara dan setiap wilayahnya telah mempunyai hasil yang sangat luar biasa.

Kami percaya prediksi situasi dalam negeri dan internasional yang baik di tahun 2008 merupakan waktu yang tepat bagi permulaan Dancing SOQI, kami ingin membawa kesehatan, kacantikan serta kekayaan kapada setiap keluarga di seluruh dunia, oleh karena itu di tahun 2008 bertemakan: “Tahun SOQI Berdansa”.

Rencana bisnis ke depan akan menggunakan system asia bersatu-membangun bisnis wilayah asia, optimis membuka pasar baru, memperluas skala bisnis asia dan menempatkan kantor pusat Asia Pasifik di Thailand. Menurut badan penelitian “Nomura” di Jepang pada bulan 1 tahun 2008 mengeluarkan laporan terbaru “Genggam gelombang uang asia”, strategi sungai ekonomi terletak antara Cina dan India diikuti oleh Vietnam, Thailan, Kamboja, Birma, dan Laos. Aliran sungai ekonomi ini akan menjadi Negara-negara dengan pertumbuhan ekonomi tertinggi dalam 10 tahun ini.

Bisnis Hsin Ten selain menjalankan jaringan manusia juga menjalankan jaringan toko dan ke depannya sudah dipersiapkan 3 jaringan lagi yaitu jaringan online mall, jaringan gabungan multi usaha dan jaringan perdagangan global.

Dalam jaringan manusia terdapat pula jaringan SOQI Home Spa sebagai dasar berbagi rasa dan jaringan SOQI Workshop sebagai dasar dalam pemasaran. Jaringan toko adalah Jaringan SOQI House sebagai dasar dalam pemasaran, memiliki perjanjian dengan perusahaan dan sebagai pusat aktifitas jaringan dengan melaksanakan Standard Operating Procedure (SOP) dalam pengelolaannya. Selanjutnya istirahat dan makan siang.

Pukul 13.00 wib acara dilanjutkan kembali dengan materi strategi menjalankan BHT oleh Bapak Kurmanto sebagai Manager Marketing Hsin Ten Indonesia. pada awal pemaparannya beliau memberikan data tentang omzet penjualan Hsin Ten Indonesia yang mengalami penurunan sebesar 20% dari tahun sebelumnya. Pada prinsipnya Bapak Kurmanto ingin mengingatkan kembali tentang konsep dan cara yang tepat dalam menjalankan BHT seperti 1 on 1, Rumus ABC, Home Party, Group Meeting dan 6 langkah 4 prinsip. Materi ini berakhir hingga pukul 20.00 wib.

Hari ke tiga Minggu, 13 Januari 2008

Pada hari terakhir ini dibahas tentang Gaya dan Keteladanan Pemimpin HTE. Sebagai pemimpin harus berjiwa besar, lapang dada dan sepenuh hati. Dan kita juga harus bersedia di pimpin yang harus memiliki bisa melakukan untuk bekerja, patuh terhadap setiap arahan dan bersedia melakukan hal-hal kecil yang rinci.

Persyaratan pemimpin BHT: peringkat tinggi, penghasilan tinggi; memiliki kemampuan menyelesaikan masalah dan ketulusan; gaya dan sifat seperti bahasan diatas. Peranan seorang pemimpin BHT mampu menyebarkan kebenaran, memberikan metode yang benar dalam melakukannya dan mencegah keraguan dari setiap masalah.

Mr. Yue juga menyampaikan bagaimana menjadi pemimpin yang sukses dan efektif dalam mengatur jaringan yaitu:

  1. Pemimpin level 5 dalam buku prinsip A menjadi A+ memiliki 2 karakter
    1. Rendah hati, namun seorang pendorong individu yang hebat.
    2. Berambisi besar, namun tujuan yang mulia bukan untuk diri sendiri tetapi demi jaringan.
  2. Mencari orang yang tepat, baru bisa melakukan hal yang diinginkan
    1. mencari orang yang tepat dahulu, tujuan yang sama. Orang yang tidak tepat turun dari bis, akan jelas arah kita akan kemana baru bisa tiba di tujuan.
    2. Prinsip terpenting: boleh tidak bekerja sama, tetapi tidak boleh merubah prinsip.
  3. Menghadapi kenyataan yang kejam, tetapi tidak boleh kehilangan kepercayaan diri.
    1. dengan jujur menghadapi kesulitan tidak berpaling, dengan berani menghadapinya baru bisa dihormati.
    2. Dengan sungguh-sungguh mencari kenyataan yang sebenarnya segera mencari solusinya.
    3. Memotivasi seseorang adalah pemborosan waktu dan tenaga. Pertanyaan utama bukanlah bagaimana memotivasi seseorang karena orang yang tepat akan termotivasi sendiri. Kuncinya adalah jangan mendemotivasi seseorang dengan tidak mengindahkan kenyataan yang kejam.
  4. Konsep landak

Rubah mengetahui banyak hal, namun landak hanya mengetahui “hal yang penting”.

  1. Tekankan budaya disiplin
  2. Menggunakan teknologi untuk meningkatkan kecepatan

Menggunakan teknologi untuk lebih unggul dari orang lain, teknologi akan mendukung kita mendapatkan hasil yang lebih cepat.

  1. Gerakkan roda terbang, percepat perputaran
    1. Tidak bisa dalam waktu singkat mendapat keberhasilan, tidak ada nasib baik, tidak ada durian runtuh.
    2. Harus terus membina kemampuan yang kokoh baru bisa semakin lama semakin cepat.

Inspirasi dari Chairman Mr. Pan tentang pemimpin HTE:

  1. Mengatur waktu dengan baik
    1. Luangkan lebih banyak waktu pada kegiatan yang bisa mencapai target.
    2. Luangkan waktu lebih sedikit pada kegiatan yang tidak langsung mencapai target.
    3. Pemimpin harus tahu menggunakan waktu pada hal yang paling penting dan memberikan hasil dan juga mengajarkan jaringan untuk melakukan hal yang sama.

  1. Mengatur emosi
    1. Menjalankan BHT sesuai rencana perusahaan akan memberikan arah dan target dalam hati akan menimbulkan kepercayaan. Perasaan Anda akan bahagia, tubuh akan semangat, omset akan meningkat.
    2. Kebersamaan di HT, berjuang bersama, jodoh ini tidak mudah didapatkan.
    3. Upline, downline, friendline focus pada hal yang berhubungan dengan pencapaian target, hal lainnya tidak penting. Jangan karena hal kecil mempengaruhi mood menyebabkan pekerjaan menjadi tidak lancer.
    4. Panuta, menjalankan jaringan dengan meningkatkan diri sendiri.
  2. Mengatur keuangan dengan baik
    1. Pemimpin jaringan yang berpartisipasi adalah orang yang memiliki uang, demi menjemput Dancing SOQI 2008 yang penuh harapan setiap pemimpin harus mengatur keuangan.
    2. Mengatur kekayaan harus menciptakan dulu kekayaan yang bisa diatur.
    3. Manusia tidak memperdulikan uang, uang tidak memperdulikan manusia. Bisa mencari uang harus lebih bisa mengatur keuangan.

Kata penutup dari materi ini: dari baik sampai luar biasa, luar biasa ini dijaga untuk jangka panjang, pemimpin jaringan bukan hanya tahu adanya kesempatan tetapi menciptakan kesempatan.

Tidak terasa hari sudah menjelang sore maka berkahirlah Leaders Meeting kali ini, terpancar dari wajah para distributor rasa optimisme untuk menyambut tahun 2008 dengan Dancing SOQI, One SOQI, One Dream. Sampai jumpa pada leaders meeting yang akan dating. Selamat SOQI. (Rudi Spd)

Tidak ada komentar: