Kamis, 18 September 2008

Pentingnya Oksigen

“KEKURANGAN OKSIGEN MENJADI PENYEBAB UTAMA SEL BERUBAH MENJADI KANKER ”
- DR. HARRY GOLDBLATT. JOURNAL OF EXPERIMENTAL MEDICINE

Makanan merupakan kebutuhan manusia begitu juga halnya dengan air sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia. Tahukah kita bahwa, kita sebagai manusia masih bisa tahan untuk tidak makan dalam beberapa hari begitu juga dengan air? Lalu untuk oksigen bagaimana? Jangankan dalam hitungan hari dalam hitungan menit saja mungkin diantara kita tidak ada yang sanggup bertahan.

Dalam keadaan normal, manusia membutuhkan oksigen sebanyak 535,7 gram per hari (sekitar 375 liter per hari). Sekali menghirup nafas, paru-paru hanya bisa menampung sekitar 500 ml udara ke dalam tubuh. (cybermed.cbn.net.id).

Selama ini yang kita ketahui oksigen adalah hanya dibutuhkan dalam kegitan bernafas saja. Ternyata dalam proses kegiatan bernafas tadi sesungguhnya oksigen akan bercampur dengan unsur-unsur lain di dalam darah dan di organ-organ tubuh yang penting untuk memberikan kalori dalam bentuk energi sehingga bisa menopang kehidupan. Pada saat yang sama oksigen di dalam tubuh juga berfungsi memperlancar metabolisme. Hasil dari kegiatan metabolisme tadi ada sisa-sia metabolisme yang akan dibuang dari dalam tubuh, jika sisa-sisa metabolisme itu tetap didalam tubuh berarti pasokan oksigen di dalam tubuh tidak baik.

Menurut penelitian Dr. Eigi Noguchi dari Jepang, meyakinkan bahwa:”Kekurangan oksigen merupakan akar dari kebanyakan atau bahkan mungkin semua jenis penyakit”. Sehingga untuk mengetahui seseorang mengalami sakit atau ada gejala penyakit Dr. Eigi Noguchi membuat kuis yang harus diisi oleh setiap orang. Adapun kuisnya sebagai berikut:


( ) Bangun pagi masih terasa letih, walupun tidur cukup.

( ) Tidur tidak nyenyak sering terbangun.

( ) Merasa letih sepanjang hari

( ) Tidak bisa konsentrasi

( ) Emosi kadang tidak terkendali

( ) Mudah terserang flu

( ) Alergi dan kulit sensitive

( ) Sering merasa tekanan darah tingi atau rendah (pusing-pusing)

( ) Sering sembelit atau susah buang air besar

( ) Sering merasa sakit pada bahu atau punggung

( ) Suka mengkonsumsi yang manis, alcohol dan soda

( ) Sakit saat berdiri atau kaki dan tangan sering kesemutan

( ) Tidak nafsu makan

( ) Sering sakit pinggang

Jika Anda menjawab lebih dari tiga kotak, tubuh anda kemungkinan besar menderita kekurangan oksigen. (Brosur SOQI Hsin Ten International Group)

Kalau kita mau jujur untuk menjawabnya pasti diantara kita yang usianya diatas 30 tahun lebih pasti mengisi kotak tersebut lebih dari tiga kotak. Apalagi jika kita tidak pernah melakukan olahraga rutin akan semakin banyak kotak yang terisi. Boleh di katakan bahwa kuis diatas merupakan deteksi awal untuk mengetahui seberapa besar penyakit yang akan diderita oleh seseorang, kalau kita sudah mengetahuinya kita akan berusaha untuk melakukan pencegahan dengan melakukan aktifitas hidup yang lebih sehat seperti memakan makanan yang bergizi, melakukan olah raga yang teratur dan istirahat yang cukup.

Salam FUUUNtastic

Saprudin, Owner Zahra SQ Solusi Sehat

Tidak ada komentar: